PSSI Buka Peluang Liga 1 Diliburkan Saat Piala AFF 2020

By ommed


nusakini.com - PSSI membuka peluang Liga 1 2021/22, saat Piala AFF 2020 dilangsungkan. Federasi sepakbola Tanah Air tersebut sedang membahasnya dengan klub dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Peluang tersebut muncul untuk membantu perjuangan timnas Indonesia di Piala AFF. Mengingat, pelatih skuad Garuda Shin Tae-yong, kini dibatasi memangil dua pemain dari setiap klub.


Bila Liga 1 diliburkan, Tae-yong bisa leluasa dalam memanggil pemain yang dibutuhkan untuk Piala AFF. Klub merasa keberatan melepas lebih dari dua penggawa kalau kompetisi tetap berjalan.

"Waktu hasil rapat dengan PT LIB, akan ada penambahan pemain dari klub-klub yang memang pelatih Shin Tae-yong inginkan pemainnya," kata ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan, kepada awak media.

"Mungkin nanti kompetisi diundur dan akan ada jeda waktu timnas Indonesia mengambil pemain dari klub untuk Piala AFF," Iriawan menambahkan.

Keputusan libur atau tidak Liga 1 selama Piala AFF bakal ditentukan dalam rapat komite eksekutif (Exco) PSSI. Agenda tersebut dijadwalkan berlangsung pada pekan depan.

“Berbagai pertimbangan pasti akan dilakukan oleh PSSI, kami sebagai operator siap melaksanakan arahan dari PSSI,” kata direktur utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

Piala AFF, bakal dihelat secara terpusat di Singapura, pada 5 Desember 2021 sampai 1 Januari 2022. Dalam ajang tersebut timnas Indonesia menempati Grup B bersama Vietnam, Malaysia, Laos, dan Kamboja.


Supaya bisa tampil maksimal dalam Piala AFF, timnas Indonesia terbang ke Turki. Di negara tersebut Evan Dimas dan kawan-kawan menjalani pemusatan latihan (TC) dan uji coba.

Selama berada di Turki, timnas Indonesia, sudah dua kali melangsungkan uji coba. Skuad Garuda dikalahkan Afghanistan satu gol tanpa balas, dan menang telak atas Myanmar dengan skor 4-1. (gi/om)